Minggu, 06 Desember 2015

Tempat yang perlu anda kunjungi di Bandung (Pengalaman pribadi) PART 1

Anda akan pergi ke Bandung?
Anda akan berwisata ke Bandung?
Anda bingung dengan wisata tujuan bila sudah di Bandung?
Berikut ini saya berikan gambaran beberapa tempat di Bandung yang bisa anda kunjungi, tentunya tempat tempat berikut ini sudah saya kunjungi. Saya urutkan berdasarkan tempat yang pertama kali saya kunjungi dari awal datang ke Bandung.

1. Taman Dago
Berlokasi di jalan Ir. H. Djuanda, Coblong. Taman dengan ciri khas adanya tulisan D A G O berukuran besar ditengah tamannya. Taman ini sangat strategis karena letaknya yang dekat dengan ITB (ke arah utara), gedung sate (ke arah timur) dan tempat di bawah jalan layang Pasupati.

Gambar : Taman Dago

2. Lapangan Gasibu, Gedung Sate dan Museum Geologi
Sengaja saya cantumkan 3 tempat sekaligus karena ketiga tempat tersebut berdekatan. Lapangan Gasibu diapit oleh 2 jalan besar, yaitu jalan Surapati dan jalan Diponegoro. Bentuknya menyerupai lapangan sepak bola tanpa tenpa tribun penonton, digunakan untuk kegiatan apel upacara, kegiatan olahraga, dan kegiatan untuk umum lainnya. Ramai saat hari minggu, karena selalu diadakan acara senam masal. Setelah acara selesai, warga biasa memakai untuk kegitan kumpul keluarga maupun kumpul sahabat, ada yang bermain bulutangkis (meski tanpa lapangan bulutangkis), ada yang bermain pasing bola voli, joging, sepak bola (meski tanpa ada gawang asli), dan kegiatan lainnya.

Gambar : Lapangan Gasibu pada hari minggu

Gedung Sate beralamat jalan Diponegoro No.22 (sebelah selatan lapangan Gasibu) ini dibangun saat zaman penjajahan Belanda, tepatnya 1924. Gedung ini didirikan oleh Ir. J.Gerber, memiliki 3 lantai, dan difungsikan untuk kantor gubernur Jawa Barat.

Gambar : Gedung Sate


Museum Geologi letaknya sebelah timur lapangan Gasibu, untuk mesuk museum harus bayar seharga 3 ribu rupiah, saat saya masuk barang bawaan harus dititipkan ditempat penitipan barang. Bangunan ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928, memiliki 2 lantai. Lantai pertama digunakan untuk menampilkan informasi seperti :
- Hipotesis terjadinya bumi di dalam sistem tata surya.
- Tatanan tektonik regional yang membentuk geologi Indonesia; diujudkan dalam bentuk - maket model gerakan lempeng-lempeng kulit bumi aktif
- Keadaan geologi sumatera,Jawa, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara serta Irian Jaya
- Fosil fosil serta sejarah manusia menurut evolusi Darwin juga terdapat di sini
Lantai kedua digunakan untuk :
- Macam - macam bebatuan asli dari negri ini.
- Maket pertambangan terbesar didunia, yaitu dipulau Irian Jaya (Kalau bahas yang ini, entah, dada ini terasa panas. Anda bisa menyimpulkannya sendiri)
- Terdapat benda - benda saksi amukan gunung Merapi

Gambar : Tampak depan, Museum Geologi

Gambar : Salah satu koleksi fosil yang ada di museum Geologi

3. Pasar minggu
Bagi anda yang sedang berlibur di Bandung dengan dana yang "tipis" atau yang sedang irit, tapi ingin belanja untuk kebutuhan atau oleh - oleh dan pas pada hari minggu, tidak ada salahnya bila anda menyempatkan waktu untuk berkunjung ke acara pasar mingguan ini. Biasanya, saya sering lari pagi menuju lapangan gasibu, dan pulangnya saya sempatkan untuk berbelanja kebutuhan pribadi (letaknya sebelah utara lapangan gasibu). Kenapa saya sarankan kesini? Karena pasar ini menawarkan harga barang - barang yang terjangkau. Saya sering membeli kaos kaki dengan harga sepuluh ribu dapat enam pasang (kalau lagi beruntung sepuluh ribu dapat tujuh). Dan, biasanya saya beli dalam jumlah banyak untuk saya jual lagi di kampung halaman. Lumayan, ada pemasukan untuk biaya bensin pulang pergi Brebes - Bandung. Hehehe .........

Gambar : Pasar minggu (Sebelah baratnya gedung Telkom)

4. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat
Beralamat di Jl. Dipati Ukur No. 48 Bandung, berseberangan dengan gedung Universitas Padjajaran. Tempat yang juga sering disebut "monju" ini pernah dijadikan latar belakang dari serial film "Preman Pensiun".

Gambar : Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

0 komentar:

Posting Komentar